Jumat, 19 Februari 2010 | 02:28 WIB

Hi MuDAers, belajar sejarah ke museum ternyata menyenangkan dan enggak bikin kepala puyeng. Asyik aja ke museum. Berlibur sambil belajar. Enggak berasa deh pokoknya.

Berkunjung ke museum sangat menyenangkan. Selain tempatnya keren, museum juga sangat cocok untuk liburan para pelajar. Kami juga mendapatkan ilmu tentang sejarah.

Selain itu, kami juga dapat berkeliling-keliling dengan menggunakan sepeda ontel yang bisa disewa. Bersepeda ontel ini menambah daya tarik orang untuk berkunjung ke Kota Tua Betawi alias Jakarta.

Kami terkejut loh, ternyata bukan hanya orang Indonesia yang berkunjung ke sana. Banyak juga turis dari luar negeri yang berkunjung ke museum di Kota Tua. Mereka sangat ramah dan menghargai budaya kita. Kami juga sempat foto-foto bareng sama wisatawan mancanegara itu. Bagi kami, itu adalah pengalaman yang lucu, he-he-he….

Di sekitar Kota Tua emang keren banget. Gedung-gedungnya juga bagus-bagus dengan arsitektur ala Eropa. Tempatnya keren banget buat foto-foto dan bisa dijadikan kenang-kenangan.

Kritik

Tetapi, ada juga sih yang membuat kami agak kecewa waktu jalan-jalan ke sana. Banyak sampah yang berserakan di depan halaman Museum Fatahillah. Kejorokan itu sangat mengganggu kenyamanan pengunjung.

Karena itu, pengelola museum seharusnya menyediakan tempat sampah yang banyak dan disebar di mana-mana.

Kami juga kecewa pada saat masuk ke Museum Fatahillah karena di sana banyak benda bersejarah, seperti lukisan, aksesori zaman dahulu, lemari, kursi, batu-batu prasasti zaman dahulu, dan penjara bawah tanah, tidak diberi penjelasan lengkap. Misalnya, apa fungsi barang-barang tersebut pada zaman Belanda dan apa pentingnya.

Oh ya satu lagi: di dalam dan di luar museum kan ada beberapa meriam. Juga enggak dijelaskan bagaimana sejarah meriam itu. Yang kami tahu ada meriam yang terkenal, namanya meriam Si Jagur.

Sebenarnya ada sih komputer di museum yang memberi penjelasan tentang Museum Fatahillah. Tetapi kami enggak tahu komputer itu berfungsi atau tidak. Mudah-mudahan kalau kami main ke sana lagi akan ada perubahan yang lebih baik, supaya pengunjungnya lebih banyak.

Jangan lupa kawan-kawan MuDAers, beri tahu teman-teman yang belum pernah ke Kota Tua supaya datang ke Kota Tua. Pokoknya jalan-jalan ke Kota Tua enggak nyesel deh!!

sumber: http://cetak.kompas.com/read/xml/2010/02/19/02284470/.belajar.yang.enggak.bikin.puyeng