Sabtu, 27 Februari 2010 | 11:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Elie Mulyadi dan Winny Gunarti memberikan tips untuk proses kreatif menulis pada acara diskusi di Kompas Gramedia Fair, Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (27/2/2010).

Semua orang pasti bisa menulis, tapi bagaimana caranya agar tulisan itu bisa dibuat menjadi menarik.

Dalam acara yang dimoderasi oleh Ronal Surapradja, atau yang lebih dikenal dengan Ronal Xtravaganza, dua perempuan ini membagikan proses yang telah mereka lalui mulai dari proses awal penulisan hingga penerbitan buku. “Semua orang pasti bisa menulis, tapi bagaimana caranya agar tulisan itu bisa dibuat menjadi menarik,” ujar Winny.

Selain itu, siapa yang ingin jadi penulis harus memiliki keinginan yang kuat dan meningkatkan kepekaan. “Seorang penulis harus memiliki kepekaan dalam mendengar, melihat dan merasakan peristiwa yang terjadi sehari-hari”, ujar penulis buku “40 Keajaiban Naik Haji” ini.

Sedangkan menurut Elie, tak ada teori dalam penulisan. “We don’t have to talk about it, but we have to do it,” ujar Elie yang bukunya telah diterbitkan oleh Gramedia.

Selain itu, lanjutnya, kita harus memperhatikan kejadian sehari-hari. “Banyak peristiwa yang berlangsung sehari-hari kita anggap sepele, namun justru dapat memberikan inspirasi bagi orang lain,” ujar penulis buku “Kerjaku Ibadahku” ini.

Sumber: http://megapolitan.kompas.com/read/2010/02/27/11254385/Elie.dan.Winny.Beri.Tips.Proses.Kreatif.Menulis