Carrier Day

Carrier Day merupakan program sekolah yang bertujuan untuk memperkenalkan profesi kepada murid-murid sehingga mereka mempunyai  ketertarikan pada profesi yang  dibawakan oleh narasumber.  Untuk melaksanakan program ini sekolah bekerjasama dengan orang tua murid. Orang tua terutama pengurus kelas dilibatkan mulai dari menentukan narasumber , penghargaan bahkan sampai konsumsi. Untuk kelas 6, profesi nara sumbernya adalah pramugari dan psikolog.

Narasumber pada sesi pertama adalah pramugari. Beliau adalah orangtua murid Sameera Ramadhani, kelas 6b. Beliau pramugari Garuda Indonesia. Selain sebagai pramugari beliau juga sebagai pengajar untuk calon pramugari. Apa yang disampaikan tentunya menambah wawasan murid-murid yang berkaitan dengan profesi pramugari. Murid-murid mengikuti penjelasan dengan antusias. Ketika sesi Tanya jawab, keingintahuan murid juga besar, mereka berebut untuk bertanya, maupun menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh narasumber. Sebagai penghargaan narasumber juga memberikan souvenir kepada murid-muridnya.

Narasumber pada sesi kedua yaitu psikolog. Tema yang dijelaskan yaitu masa remaja, tentunya ini merupakan tema yang menarik untuk kelas 6 karena mereka akan memasuki dunia remaja. Narasumber menjelaskan apa itu masa remaja, pubertas, serta hal-hal yang akan mereka alami sehingga  mereka harus lebih waspada ketika masa itu telah datang. Dengan demikian mereka tidak salah melangkah. Murid-murid wanita lebih antusias mengikuti penjelasan narasumber. Acara diakhiri dengan drama singkat yang dipandu oleh guru. Drama itu menggambarkan masalah anak yang dipaksa untuk merokok. Anak itu berusaha menolak kata-kata, namun akhirnya terjadi perkelahian. Setelah penayangan drama singkat tersebut, murid-murid yang lain mengomentari tentang cara anak itu mengatasi masalah tersebut.

Kegiatan parent Day berlangsung dengan baik, narasumber dengan antusias memberikan wawasan kepada murid-murid berkaitan dengan profesi mereka masing-masing. Murid-murid pun tentunya mendapatkan pengetahuan baru.

Penulis : Ngatminah