Laporan wartawan KOMPAS.com Caroline Damanik
Kamis, 1 April 2010 | 16:19 WIB

BANJARMASIN POST/KASPUL ANWAR

JAKARTA, KOMPAS.com — Setelah Ujian Nasional (UN) untuk siswa sekolah menengah pertama (SMP) berakhir pada hari Kamis (1/4/2010) ini, maka tinggal penyelenggaraan ujian kelulusan untuk sekolah dasar (SD). Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) akan digelar pada tanggal 4-6 Mei mendatang.

Anggota Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Teuku Ramli Zakaria mengatakan, rencananya akan diikuti oleh 4.428.797 peserta di seluruh Indonesia. “Namun, beda dengan SMP dan SMA, kelulusan SD diserahkan kepada sekolah,” katanya dalam keterangan pers di Kemdiknas, Kamis (1/4/2010).

Hal ini, lanjut Ramli, disebabkan SD masih termasuk dalam program Wajib Belajar (Wajar) sehingga tidak bisa disamaratakan di seluruh daerah. Oleh karena itu, penyelenggaraannya pun diserahkan kepada provinsi. Proporsi soal didominasi oleh soal-soal dari daerah. Sekitar 75 persen dari 50 soal UASBN akan dibuat oleh daerah, sedangkan 25 persen lainnya dibuat oleh pusat dan akan dikirim ke daerah. “Karena daerah sendiri yang tahu standar daerahnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Ramli juga menyatakan, seluruh daerah mengaku sudah siap untuk menyelenggarakan UASBN meski waktu penyelenggaraannya masih lama. “Di daerah yang saya kunjungi, misalnya, di Batam sudah dicetak soal. Tinggal dibagikan ke daerah dan sekolah,” tandasnya.

sumber: http://edukasi.kompas.com/read/2010/04/01/16191540/UASBN.Sekolah.Dasar.Digelar.pada.4.6.Mei.2010